Sabtu, 24 Agustus 2013

Cerita Perjuangan Ujian Masuk PTN

Semua berawal saat gue masuk ke kelas 3 SMA, gue merasa ini adalah satu tahun terpenting dalam hidup gue. karena tahun ini adalah tahun terakhir classmeeting gue berada di SMA yang menentukan kemana gue harus melanjutkan kehidupan gue. apakah gue akan lulus? apakah gue akan melanjutkan ke jenjang universitas? negeri atau swasta? apakah gue akan nganggur? apakah gue akan jadi tukang somay? apakah gue akan jadi tukang somay? apakah gue akan jadi tukang somay? atau jualan kue laba-laba? semua pertanyaan itu akan dijawab di akhir tahun ini. tahun yang bener-bener menentukan mau kemana gue kedepannya.


masa-masa kelas tiga SMA itu ibarat google maps ..................... oke gue ga tau kenapa.
masa-masa saat kita kelas tiga SMA itu sama aja kaya masa-masa saat kita kelas tiga SMA. kita bersekolah dan kita kelas 3 SMA.
masa-masa kelas 3 SMA itu ibarat sunatan. meleng dikit, hancurlah masa depan.
makanya di masa-masa kelas tiga kita ga boleh meleng, harus fokus terhadap tujuan kita. di kelas 3 SMA itu kita ibarat mantri sunat. yang akan menyunat diri kita sendiri.


Menentukan Tujuan
tujuan hidup gue cuma satu, yaitu bahagia di dunia dan akhirat. oke itu terlalu umum brader.
lu abis SMA mau lanjutin kemana jan?
lu mau jadi apa?
lu suka sama apa?

gue abis SMA mau ngelanjutin kuliah. maunya kuliah di universitas negeri. kalo bisa si PTN favorit. YOLO (you only live once) brader. hidup gue cuma sekali, gue harus bisa kuliah di tempat yang sebaik mungkin. bertemu orang-orang hebat dan menjadi salah satu diantaranya.

di keluarga gue, belom ada yang belajar di bidang teknik secara khusus. jadi gue menentukan untuk jadi sarjana teknik. Fauzan Rahmat Shiddiq S.T. kayanya cocok. tapi teknik apa? gue mulai berkonsultasi ke beberapa orang, menonton beberapa film, acara televisi, dan kartun. akhirnya gue berkesimpulan tertarik ingin belajar teknik mesin. biar kaya habibie bisa membanggakan indonesia dengan ngedapetin ainun. biar kaya phineas and ferb bisa ngebuat alat-alat keren dan menyenangkan. biar kaya..............................

engga deng. sebenernya gue pengen masuk teknik mesin bukan karna pengen dapet gaji besar. gue cuma pengen belajar tentang ilmu-ilmu mesin. kayanya keren aja gitu ngehasilin alat yang berguna. tapi bukan berarti gue ga pengen jadi orang kaya, gue pengen lah, jadi orang kaya manfaatnya banyak bro. gue akan kaya dengan menjadi pengusaha, tapi nanti setelah gue kenyang dengan ilmu-ilmu tentang mesin.

catatan : orang kaya bukan berarti boros, sombong, dan foya-foya. jadi orang kaya dengan niat pengen bermanfaat bagi orang banyak itu ga salah kan? *sepiklujan*

Ujian Nasional
ini mah pasti lulus, ga usah takut. tapi kebanyakan orang-orang ga berkeyakinan kaya gitu. itu karena mereka ga belajar. padahal untuk UN kita hanya perlu belajar sekedarnya aja. begonya masih banyak orang yang membayar contekan untuk UN yang lebih serem dengan 20 paket. dan gue adalah salah satu dari orang bego itu. bahkan lebih bego, karena bimbang banget mau make contekan itu atau engga,pengen jujur tapi agak takut. beberapa hari sebelum UN gue berbincang dengan ibu gue dengan niat meyakinkan hati.

gue : bu..
ibu : apa?
gue : aku UN pake contekan ya ._.
ibu : jangan ! ibu ga pernah ngajari anak ibu buat ga jujur, kok jadi gini sih :(
gue : tapi...
ibu : kamu tuh harus berani dik, yakin aja, pokoknya jangan
gue : tapi udah bayar
ibu : yaudah biarin aja, pokoknya kamu ga boleh ikut ikutan
gue : tapi bu...
ibu : pokoknya jangan !!!
gue : aku juga pengennya begitu tapi yang lain...
ibu : gausah ikut ikutin yang lain
gue : kalo ga lulus, gapapa ya?
ibu  : iya itu lebih baik
gue : *flashback dan merenung*

gue pernah bercanda dengan bilang ke temen-temen gue dikelas, kalo gue ga lulus UN gue akan jadi tukang somay, dan mereka sangat senang mendengarnya. kampret emang. apa mungkin itu yang ibu maksud dengan "iya itu lebih baik".
tiga kali tryout UN di sekolah  dan hasilnya gue ga ada yang lulus :(, tapi beberapa tryout terakhir yang gue lakukan di tempat les hasilnya sangat meyakinkan. ditambah semua paket soal di buku detik-detik yang gue khatamin juga mendapat hasil diatas nilai minimal kelulusan. 3 bulan pendalaman materi juga membantu gue mempersiapkan diri untuk UN. terus apa yang gue takutin? gue yakin lulus walaupun mungkin nilai gue ga segede temen-temen gue yang udah pinter-pinter terus pake contekan. yang penting lulus kan? tapi kalo nem gue kecil, gue nanti gak akan lulus di SNMPTN undangan. walau gue ga tau nilai UN ngaruh atau engga. katanya sih ngaruh, persetan dengan undangan. agak mustahil bagi gue seorang pemalas bisa masuk perguruan tinggi tanpa test. gue akan berjuang di tulis. lagian di undangan gue milih jurusan bukan berdasarkan minat tapi lebih ke cari aman. cari yang gradenya rendah. gue minder karena nilai rapot gue jelek kalo dibandingkan temen2 gue yang lain yang entah mereka dapet nilai tinggi darimana.

gue : aku yakin lulus tapi ntar nemnya ga segede yang lain, takutnya aku ga lulus di SNMPTN undangan.
ibu : yaudah gapapa, kan masih ada sbmptn.pokoknya jangann!!!
gue : yahh, yaudah deh, aku ga pake. bismillah
gue dan ibu salaman, menandakan bahwa perbincangan itu udah mencapai mufakat.

setiap pagi di rumah dan sebelum memasuki ruangan UN, gue selalu mengulang pelajaran dan memperlancar mengerjakan soal. menghafal kembali materi yang perlu dihafal. gue selalu panik men! sementara yang lain, ga sepanik gue hahaha setiap pagi sebelum UN, pentolan pentolan angkatan nyuruh semua siswa ngumpul di lapangan,berdoa bareng terus nyanyi, ANJRIT ga penting banget. lah lu mah enak, lah gue lagi panik ini
 -_________-

in the end, i'm passed.

SNMPTN Undangan


seperti yang udah diperkirakan, agak mustahil bagi gue seorang pemalas bisa masuk PTN tanpa test. orang yang biasa berada di ranking-rangking bawah dikelas. setelah ini gue berencana mengikuti semua ujian tulis yaitu SBMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM, UM UNDIP. saking takutnya ga dapet PTN, gue ikutin semuanya hahaha, selama letak PTN nya di pulau jawa, ada jurusan teknik mesinnya yang berakreditasi A, dan buka ujian mandiri, gue akan ikutin test nya. walaupun mungkin akan memakan banyak uang untuk pendaftaran dan segala macem, tapi gue inget kata-kata bu Vero (guru bahasa inggris di sekolah gue) "lebih baik kehilangan uang daripada kehilangan kesempatan".

Jaringan Kakak Kelas
gue beruntung mengikuti eskul Rohis di sekolah, karena dari situ gue kenal dengan kakak-kakak kelas yang hebat. katanya, dari dulu emang udah tradisi kalo anak-anak rohis tuh banyak yang jadi lulusan-lulusan terbaik yang tersebar di PTN favorit dipulau jawa. gue punya kontak kakak-kakak kelas rohis, gue pelajari pengalaman mereka, dan mereka pun menjawabnya dengan hangat, bahkan mereka gak segan-segan memberi gue semangat dan motivasi. gue sangat berharap suatu hari nanti bisa menjadi bagian dari mereka.

SBMPTN
setelah lulus UN, perjuangan gue untuk mendapatkan PTN baru dimulai. meskipun udah ga sekolah tapi gue belajar lebih serius daripada saat gue masih sekolah. gue ikut program super intensif di lembaga bimbel nurul fikri, selama 50 hari, setiap harinya gue les dari jam 7 sampe jam 10, tapi biasanya gue baru pulang zuhur atau ashar karena konsultasi tambahan. kalo ada guru ya gue konsul, kalo ga ada gue belajar sama beberapa temen gue,(temen gue ditempat les dikit). tapi  karena gue orangnya suka bercanda, jadi ketika belajar sama temen gue keliatannya kebanyakan bercandanya daripada soal-soal yang ke jawab. pulang dari tempat les gue istirahat terus malemnya langsung berkutat lagi sama soal-soal dan bacaan. oiya di program super intensif itu setiap minggu diadakan tryout sbmptn, totalnya kita melakukan 7 kali tryout dalam program tersebut, jadi kita bisa tau sejauh mana kemampuan kita.
gue suka sama pelajaran TPA(Test Potensi Akademik), jadi gue berusaha sebisa mungkin biar nilai TPA gue bisa nendang hasil tryout gue sampe keatas. dan gue agak kurang di pelajaran matematika ipa, fisika dan bahasa inggris. jadi gue berusaha biar gue gak dapet min di pelajaran itu.

keterangan: tryout 1 sampe 7 itu yang gue lakukan di tempat les, sedangkan 8 sampe 10 itu gue cuma ngerjain soal-soal tryout yang sebelumnya, makanya jangan heran kalo nilainya lebih tinggi dibandingkan yang sebelumnya. yang bikin gue panik, pas tryout 6 dan 7 nilai gue makin turun padahal hari sudah mendekati sbmptn. emang saat itu semakin mndekati hari H sbmptn, semangat belajar gue udah agak turun, jenuh, males, otak sering pusing dan capek, suka bengong-bengong sendiri, mendekati gila, parah deh pokoknya. di sbmptn pilihan universitas gue yaitu 1. teknik mesin ITB 2. teknik mesin UI 3.teknik mesin UNBRAW dan di hasil tryout trakhir gue cuma bisa aman di pilihan ketiga. itu membuat gue panik brader, orang-orang bilang pilihan gue nekat, tapi mau gimana? itu kemauan gue. YOLO.

gue bersyukur bisa les di NF, guru-gurunya sangat memotivasi, terutama Pak Herman. walaupun dia ngajar pelajaran berat yaitu matematika tapi gue berusaha untuk menanti-nanti pelajaran dia. beberapa kalimat dia yang entah kenapa memotivasi gue.
"hidup cuma sekali, RUGI banget kalo ga ngerasain bisa kuliah di UI (dia S1 UI dan S2 UGM). coba kamu bayangin, saat kamu buka koran pengumuman sbmptn langsung setelah kamu beli koran dan kamu liat nama kamu ada disana, itu kamu langsung sujud syukur, bahagianya tuh SUBHANALLAH, kamu pulang terus kamu bilang ke ibu kamu, kamu bisa lihat air mata kebahagiaan dari ibu kamu, betapa BANGGA nya dia sama kamu, terus ibu kamu mengabari semua orang tentang hal tersebut dengan penuh rasa syukur."
 :"D
 gue sedih pak herman gak ngajar gue di program super intensif. dia ngajar gue di kelas PPLS saat gue masih sekolah. dia merupakan guru favorit gue, juga guru favorit kakak kelas gue yang bernama kak Dicky Fm, dia sudah lebih dulu menjadi anak kedokteran UNPAD dua tahun yang lalu.

sehari sebelum pelaksaan sbmptn, NF mengadakan acara motivasi dan doa bersama yang dipimpin oleh motivator fenomenal yang juga merupakan guru BIP terfavorit yang bernama Rangga Albantani. saking fenomenalnya nih orang gue berpikir suatu saat nanti kalo gue punya perusahaan bisnis broadcasting gue akan membuat acara khusus buat dia. salah satu keuntungan les di NF ya diajar sama dia. Setelah acara tersebut gue mendapat tenaga mental yang begitu super. di akhir acara tersebut kita semua foto-foto dan meminta doa dan semangat kepada guru-guru NF yang hadir. dari NF, gue berencana langsung berangkat untuk riset lokasi pelaksanaan sbmptn biar pas hari H kita udah tau dan ga perlu ribet-ribet lagi nyari tempatnya.

18 Juni 2013 adalah hari pertama pelaksanaan SBMPTN, gue bener-bener kaget karena ternyata jenis soal-soalnya ga sama kaya soal-soal tahun lalu yang kita pelajari di tempat les. jomplang banget, jauh lebih susah.
:(

SIMAK UI
dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2013, berarti gue cuma punya waktu sedikit untuk mempersiapkannya. setelah sbmptn gue refreshing sekitar 3 hari untuk melepaskan semua penat. gue main kerumah temen, main dirumah, nonton tv, dan lebih banyak istirahat.setelah waktu rehat gue selesai, gue kembali belajar untuk simak. walaupun gue udah ga punya jadwal lagi di NF tapi gue masih diperbolehkan kesitu untuk konsul-konsul sama gurunya. gue ngeprint beberapa soal simak ui yang gue dapet dari internet dan gue bahas soal itu sama guru-guru NF.



saat pelaksanaan simak, gue salah ngeliat waktu atau lebih tepatnya pengawasnya yang salah memberitahukan waktu, gue terlalu asyik ngerjain di kertas soal dan belom mindahin jawaban gue ke LJK padahal waktunya udah abis. pengawas udah minta LJK gue tapi gue minta ijin mindahin jawaban ke LJK dulu. alhasil gue mindahin jawaban secepat yang gue bisa dan langsung gue kumpulin. gue gak tau jawaban yang gue pindahin itu sesuai ga sama jawaban yang gue isi di soal. gue panik.

UM UNDIP
dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2013, gue cuma punya waktu beberapa hari untuk mempersiapkannya. perasaan jenuh pasti ada, kapan gue bebas? otak gue udah mumet. tapi gue harus terus semangat demi ngedapetin PTN. gue masih terus dateng ke tempat les untuk konsul soal-soal UM UNDIP yang gue dapet dari internet. mungkin guru-guru gue sudah bosan ngeliat gue mulu di tempat les tapi mereka masih mau ngajarin gue dengan ikhlas. di soal undip kita nemuin soal matematika yang susah banget pas konsul.bahkan ga bisa dijawab sama 3 guru matematika NF, ka rani, ka nia, ka nurdin, padahal kita semua udah ngumpul untuk ngebahas itu rame-rame. katanya pembahasan soal itu ada di materi kuliah kalkulus, dan kebetulan mereka pada lupa.

waktu gue melaksanakan UM UNDIP, lancar sih, cuma ada satu orang yang cukup menarik perhatian gue. yaitu...

Sakurta Ginting A.K.A Kipli

dia ikut test dan duduk di bangku belakang gue, nih orang suka ngomong sendiri dan meniup-niupkan napasnya dengan kencang, HUFFTTT.... agak mengganggu konsentrasi.

UM UGM
dilaksanakan pada tanggal 7 Juli. lu tau artinya apa? APA? TEPAT SEKALI !!!

gue pulang UM UNDIP zuhur dan gue mulai ke tempat les abis ashar, sampe tempat les gue makan somay dulu sama ka rahman guru kimia. somay terenak sedunia yang buka stan di depan indomaret samping NF ciledug. ka rahman makan sampe 2 piring. guru-guru pada bilang gue ketagihan test. sampe abis magrib, udah ga ada guru lagi yang bisa ngajarin gue. gue pasrah.



DOA
selain usaha yang kuat doa gue juga harus kuat. bukan cuma doa gue yang kuat tapi doa-doa orang yang ada disekitar gue yang juga harus kuat mendoakan gue. coba deh bayangin, dari ribuan orang yang mengikuti tes, yang bisa lolos masuk PTN cuma segelintir orang, saingan gue juga orang-orang pinter dengan usaha yang mungkin lebih keras yang tersebar diseluruh nusantara. kesempatan gue kecil banget. mustahil gue bisa masuk tanpa pertolongan Allah. makanya gue terus berdoa.



gue suka minta di doakan sama orang-orang disekitar gue yaitu keluarga, saudara dan temen-temen gue. bahkan keluarga bibi gue yang tinggal di menteng rawa panjang, minta agar gue didoakan sama ibu-ibu pengajian di daerahnya. karena doa gue sendiri mungkin gak akan cukup kuat. bahkan ada orang yang sangat baik yang tanpa diminta dia udah mau ngedoain gue. semoga Allah membalas kebaikannya.

gue juga suka mendoakan temen-temen seperjuangan, alasannya karena ...
“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.”(HR. Muslim no. 4912)

bayangin men, didoain malaikat !!! dapet doa mustajab dari makhluk Allah yang ga pernah mengingkari tuhannya. betapa beruntungnya kalo gue mendapatkan hal itu. semoga orang yang gue doain gak tau kalo udah gue doain, hahaha aminkan.

cara lain memperkuat doa gue kepada Allah yaitu dengan menyebut Asmaul husnah nama-nama yang dimiliki Allah. memuji-muji Allah dengan menyebut nama-namanya yang indah sebelum kita meminta kepadanya. insyaallah Allah senang mendengarkan pujian kita, sama halnya kaya ibu gue. "ibu, hari ini ibu keliatan cantik deh, bagi duit dong", "bisa aja kamu muji ibu kalo ada maunya, butuh berapa?" haha meskipun awalnya begitu tapi ujung-ujungnya dikasih. itu baru ibu, apalagi Allah yang maha kuasa.

 “Dan bagi Allah itu nama-nama yang Indah/Baik, berdoalah dengannya (dengan menyebut nama-nama yang baik itu – Asma ul-Husna).”   Surah al-A’raf 7:180

ada juga tambahan doa yang biasa gue lafadzkan setiap abis sholat. doa ini gue dapet dari buku panduan program super intensif di NF. doa yang insyaallah membuat semua ujian tulis kita lancar.
"ya Allah, sesunngguhnya hamba telah menitipkan kepadamu ilmu yang telah engkau ajarkan kepada hamba, tolong ya Allah kembalikan ilmu tersebut disaat hamba membutuhkannya, dan janganlah Engkau jadikan hamba dalam keadaan lupa terhadap ilmu tersebut wahai Tuhan Semesta Alam. aminn"

Hasil Test










Akhir Cerita


ALHAMDULILLAH
===============================================================
FYI 
pada saat UN, ada beberapa orang diangkatan gue yang setahu gue katanya kekeh enggak mau make contekan saat UN. yaitu 4 orang cewek yang bernama Devi, Fidhya, Avi,dan Pelangi. TEBAK APA YANG TERJADI? TEPAT SEKALI !!! mereka berempat di terima di UI. berkah kejujuran. padahal banyak orang yang lebih pinter dari mereka tapi kenapa mereka yang di mudahkan untuk memasuki PTN favorit dengan persaingan yang SANGAT KETAT sekelas UI. dulu mereka berempat pernah sekelas sama gue di X.8. kelas yang sangat menyenangkan.



FOLLOW MY IG : @Fauzan612

22 komentar:

  1. Sukses yah buat kakak. Cerita kakak sangat menginspirasi :)

    BalasHapus
  2. hahah gue iseng2 nyari di google tntg kipli yang katanya jadi anak ui, eh ketemu blog lo, hahaha lucu banget, sukses terus yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp, info terakhir yang gue tau sih si kipli masuk gizi ui :thumbup

      Hapus
  3. wkwk lucu dah ka ceritanya minta doanya ya kak tahun ini saya mau ikut sbmptn.. makasih ka sukses trus :D

    BalasHapus
  4. Gan kalau boleh saya minta pin bbnya untuk tanya2 seputar cara masuk di perguruan tinggi

    BalasHapus
  5. Gan kalau boleh saya minta pin bbnya untuk tanya2 seputar cara masuk di perguruan tinggi

    BalasHapus
  6. Gan kalau boleh saya minta pin bbnya untuk tanya2 seputar cara masuk di perguruan tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak punya BBM, coba cari saya difacebook saja fauzan rahmat shiddiq :)

      Hapus
  7. wahh ceritanya menginspirasi, pas bgt bacanya pas saya lg ga semangat belajar sbm. btw kok nama orang2 di ceritanya kayak pernah denger semua ya.. devi, pelangi..guru2 nf nya juga. terus dirohis yg keterima di univ fav disekolah saya jg gitu apalagi kaput nya:') kaka sekolah di smanic bukan si?

    BalasHapus
  8. wahh ceritanya menginspirasi, pas bgt bacanya pas saya lg ga semangat belajar sbm. btw kok nama orang2 di ceritanya kayak pernah denger semua ya.. devi, pelangi..guru2 nf nya juga. terus dirohis yg keterima di univ fav disekolah saya jg gitu apalagi kaput nya:') kaka sekolah di smanic bukan si?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ceritanya bagus saya senang banget kalo ada yg lebih banyak yang baca :)

      Hapus
  9. misi bro mau nanya kenapa dulu lebih milih t.mesin unibraw dibanding t.mesin undip? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama, waktu tahun 2013 ub itu ranking 4 perguruan terbaik se indonesia, ub juga lebih tua drpd undip umur kampusnya insyaallah lebih matang.
      kedua, prestasi mobil listrik UB udah sampe tingkat internasional waktu itu drpd undip yg belum
      ketiga, suasana kuliah di ub malang lebih sejuk daripada undip smarang:)
      dan Alhamdulillah pilihan saya tepat kala itu, saya bisa berprestasi disini hehehe (y)

      Hapus
  10. Waktu ikut um undip, ngerjain berapa soal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lupa coy, udah 4 tahun yang lalu, yang saya ingat itu dulu merasa bisa ngerjainnya

      Hapus
  11. untuk soal um ugm nya itu memang dapet dari nf nya langsung atau ngeprint sendiri terus konsul nya sama mereka? Emang kalo udah lewat dari sbmptn masih bisa konsul lagi kaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeprint sendiri terus konsul sama guru NF, seinget saya dulu masih boleh

      Hapus
  12. makasih kak ceritanya sungguh luar biasa,semoga kakak jadi orang sukses.
    doain kita juga agar di terima di PTN yang kita inginkan

    BalasHapus